JUMAT, 7 AGUSTUS 2020 - KELAS VII

IPS

Bahan Ajar Letak Indonesia Letak Astronomis Letak astronomis adalah letak suatu negara berdasarkan posisinya terhadap garis lintang dan garis bujur.

Garis lintang adalah garis-garis khayal pada peta atau globe yang melintang dari Barat ke Timur yang membelah bumi menjadi belahan Utara dan Selatan.

Garis bujur adalah garis-garis khayal pada peta atau globe yang membujur dari Utara ke Selatan membelah bumi menjadi belahan Barat dan Timur.

Letak astronomis Indonesia diantara 6º LU (Pulau Rondo) - 11º LS (Pulau Dana) dan 95º BT (Pulau Benggala) - 141º BT (Sungai Torasi). Bagian utara Indonesia berbatasan dengan Selat Malaka, Singapura, Laut Cina Selatan, Malaysia, Perairan Filipina, dan perairan Pasifik. Bagian selatan Indonesia berbatasan dengan Samudra Hindia. Bagian barat Indonesia berbatasan dengan Samudra Hindia. Bagian timur bersempadan dengan Papua Nugini.

Letak Geografis Letak geografis yaitu letak suatu tempat dilihat dari kenyataannya di muka bumi atau letak suatu tempat dalam kaitannya dengan daerah lain disekitarnya. Letak geografis juga disebut letak relatif, disebut relatif sebab posisinya ditentukan oleh fenomena-fenomena geografis yang membatasinya, misalnya gunung, sungai, lautan, benua dan samudra. Secara geografis wilayah Indonesia letaknya diantara dua benua dan dua samudra, yaitu Benua Asia dengan Benua Australia. Sedangkan samudra yang membatasi adalah Samudra Hindia dan Samudra Pasifik. Secara geografis, Indonesia mempunyai letak yang strategis berada pada posisi silang. Letak geografis ini memiliki pengaruh pada keberadaan wilayah Indonesia, baik dilihat dari keadaan fisik dan sosial atau ekonomi dan politik.   

Letak Geologis Secara geologis, Indonesia berada pada pertemuan tiga lempeng litosfer, yaitu lempeng Eurasia, lempeng Indo-Australia, dan lempeng Pasifik. Karena posisi geologis Indonesia yang demikian, maka Indonesia mempunyai karakteristik sebagai berikut : Indonesia dilalui oleh jalur rangkaian pegunungan dunia, yaitu Sirkum Mediterania dan Sirkum Pasifik. Banyak terdapat pegunungan yang aktif dan cukup tinggi, sehingga dapat memengaruhi iklim di sekitarnya, keadaan tanah di sekitarnya sangat subur untuk dijadikan sebagai media tanam, dijadikan sebagai objek tamasya yang menarik, dan Indonesia kaya akan bahan tambang, seperti emas, perak, besi, dan tembaga. Indonesia sering mengalami peristiwa gunung meletus dan gempa bumi yang menuntut kewaspadaan untuk penduduknya setiap saat.

Teknik Penilaian  

1.     Penilaian Pengetahuan         Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut dengan singkat dan benar ! Jelaskan letak Indonesia secara astronomis! Jelaskan letak Indonesia secara geografis! Jelaskan letak Indonesia secara geologis!  

2.     Penilaian Keterampilan        

Petunjuk : Ambil dan bukalah Atlas yang kalian punya Carilah dan perhatikan peta Indonesia Perhatikan Peta Indonesia berikut Tentukan garis lintang dan garis bujur pada peta Indonesia tersebut Tuliskan pada sisi kanan dan kiri untuk menentukan letak lintang negara Indonesia Tuliskan pada sisi atas dan bawah untuk menentukan letak bujur negara Indonesia

Cari dan tentukan pulau-pulau terluar wilayah negara Indonesia Dari peta yang sudah tersedia hubungkan ujung-ujung wilayah Indonesia dengan pensil/bolpoint Gunakan penjuru mata angin, Utara (bagian atas), Timur (bagian kanan), Selatan (bagian bawah), Barat (bagian kiri) Tentukan batas wilayah negara Indonesia dengan cara :

a) menemukan kenampakan alam yang dilalui garis yang telah dibuat

b) menemukan nama negara yang berbatasan di luar garis yang telah dibuat INDONESIA.

Identifikasi Batas Negara Indonesia No Bagian batas Batas Negara Batas Alam 1 Utara       2 Selatan       3 Barat       4 Timur

 

BTQ

Pertemuan 2

 

1. Membaca Q.S Al-Lail ayat 1-4

2. Menulis Q.S Al-Lail ayat 1-4

3. Menghafal Q.S Al-Lail ayat 1-4

4. Mengartikan Q.S Al-Lail ayat 1-4

 

Tugas

1. Baca dengan fasih / Hafalan dengan fasih QS. Al-Lail ayat 1-4  dengan di vidio