Kelas IX, 24 - 26 Agustus 2020

IPS

MATERI DAN TUGAS DARING  

 

Mata Pelajaran           : I P S

Kelas/ Semester           : IX / Gasal

Materi Pokok              : Kondisi Alam dan Penduduk Negara Jepang

Pertemuan ke              : 6

 

 

Bahan Ajar Pertemuan ke 6

Negara Jepang

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Jepang merupakan negara kepulauan yang terletak di kawasan Asia Timur, tepatnya di sebelah Timur daratan Semenanjung Korea.

Ibukota : Tokyo

Secara geografis, Jepang yang tidak ada perbatasan darat dengan negara lain ini terletak di antara 30° LU – 47° LU dan 128° BT – 146° BT.

Wilayah Jepang seluruhnya dibatasi oleh perairan (laut dan samudera). Adapun batas-batas wilayahnya adalah sebagai berikut :

Sebelah utara berbatasan dengan Laut Okhotsk.

Sebelah selatan berbatasan dengan Laut Cina Timur dan Laut Filipina.

Sebelah timur berbatasan dengan Samudera Pasifik.

Sebelah barat berbatasan dengan Laut Jepang dan Selat Korea.

 

Bentuk Pemerintahan : Monarki Konstitusional

Kepala Negara : Kaisar Akihito (Sejak 7 Januari 1989)

Kepala Pemerintahan : Perdana Menteri Shinzo Abe (sejak 26 Desember 2012)

Luas Wilayah :  377.915 km2

Jumlah Penduduk : 126.702.133 jiwa (data 2016)

Pertumbuhan Penduduk : -0,19% (data 2016)

Bahasa Resmi : Jepang

Agama : Shinto 79,2%, Buddha 66,8%, Kristen 1,5%, agama lainnya 7,1%

Sebagai negara kepulauan, Jepang memiliki beberapa pulau besar sebagai pulau utama, yaitu Honshu (pulau terluas sekaligus letak ibukota Jepang, Tokyo), Hokkaido, Kyushu, dan Shikoku. Selain itu, terdapat lebih dari 3.000 pulau kecil yang mengelilinginya.

Kota-kota utama Jepang :

a)        Tokyo, merupakan ibukota Jepang, sekaligus sebagai pusat pemerintahan, perdagangan, dan pendidikan bertaraf internasional.

b)        Osaka, merupakan kota terbesar kedua Jepang, sekaligus sebagai pusat industri tekstil.

c)        Nagoya, merupakan pusat industri pesawat terbang, otomotif, lokomotif, dan industri besar lainnya. Keberadaan kota ini oleh orang Jepang dianggap sebagai “ibukota” Jepang di wilayah tengah.

d)        Kyoto, merupakan ibukota Jepang hingga tahun 1868, kota ini sekarang berkembang sebagai pusat pendidikan dan kebudayaan.

e)        Ginza, merupakan pusat hiburan, bisnis, dan perdagangan bertaraf internasional.

Jumlah penduduk mencapai 127.333.000 jiwa. Berdasarkan kedua indikator tersebut, rata-rata kepadatan penduduk Jepang sekitar 323 jiwa/km˛.

 

Relief/Bentang Alam

Banyak gunung api. Jepang termasuk dalam rangkaian pegunungan muda Sirkum Pasifik. Hal inilah yang menyebabkan sering terjadinya gempa bumi, baik tektonik ataupun vulkanik. Puncak gunung tertingginya adalah Gunung Fujiyama (3.776 m). Dataran-dataran rendah subur antara lain Dataran Rendah Kwanto di Teluk Tokyo, Dataran Rendah Nobi di Teluk Ise, Dataran Rendah Kinki di Teluk Osaka, dan Dataran Rendah Isihari di Pulau Hokaido. Sekitar 60% daratan Jepang terdiri atas hutan. Jepang bagian selatan adalah hutan musim, bagian tengah berupa hutan campuran, dan di bagian utara berupa hutan cemara. Sungai-sungai di Jepang pendek-pendek dengan aliran yang deras sehingga sangat cocok digunakan untuk PLTA. Danau di Jepang biasanya kecil-kecil dan yang adalah danau terbesar adalah Danau Biwa di dekat Kyoto. Pantai Jepang mempunyai banyak teluk sehingga sangat baik untuk pelabuhan alam. Perairan laut di sebelah timur Jepang kaya akan ikan sebab adalah tempat pertemuan antara arus panas Kurosyiwo dengan arus dingin Oyashiwo yang sangat mendukung dalam industri perikanan.

Jepang berada di kawasan beriklim sedang dengan pembagian empat musim yang jelas. Walaupun demikian, terdapat perbedaan iklim yang mencolok antara wilayah bagian utara dan wilayah bagian selatan. Pada musim dingin, Jepang bagian utara seperti Hokkaido mengalami musim salju, namun sebaliknya wilayah Jepang bagian selatan beriklim subtropis. Iklim juga dipengaruhi tiupan angin musim yang bertiup dari benua Asia ke Lautan Pasifik pada musim dingin, dan sebaliknya pada musim panas.

 

Iklim Jepang terbagi atas enam zona iklim:

Hokkaido: Kawasan paling utara beriklim sedang dengan musim dingin yang panjang dan membekukan, serta musim panas yang sejuk. Presipitasi tidak besar, namun salju banyak turun ketika musim dingin.

Laut Jepang: Di pantai barat Pulau Honshu, tiupan angin dari barat laut membawa salju yang sangat lebat. Pada musim panas, kawasan ini lebih sejuk dibandingkan kawasan Pasifik. Walaupun demikian, suhu di kawasan ini kadangkala dapat menjadi sangat tinggi akibat fenomena angin fohn.

Dataran Tinggi Tengah: Wilayah ini beriklim pedalaman dengan perbedaan suhu rata-rata musim panas-musim dingin yang sangat mencolok. Perbedaan suhu antara malam hari dan siang hari juga sangat mencolok.

Laut Pedalaman Seto: Barisan pegunungan di wilayah Chugoku dan Shikoku menghalangi jalur tiupan angin musim, sehingga kawasan ini sepanjang tahun beriklim sedang.

Samudra Pasifik: Kawasan pesisir bagian timur Jepang mengalami musim dingin yang sangat dingin, namun tidak banyak turun salju. Sebaliknya, musim panas menjadi begitu lembap akibat tiupan angin musim dari tenggara.

Kepulauan Ryukyu: Kepulauan di barat daya Jepang termasuk Kepulauan Ryukyu beriklim subtropis, hangat sewaktu musim dingin dan suhu yang tinggi sepanjang musim panas. Presipitasi sangat tinggi, terutama selama musim hujan. Taifun sangat sering terjadi.

Musim hujan dimulai lebih awal di Okinawa, yakni sejak awal Mei. Garis depan musim hujan bergerak ke utara, namun berakhir di Jepang utara sebelum mencapai Hokkaido. Di sebagian besar wilayah Honshu, awal musim hujan dimulai pertengahan Juni dan berlangsung selama enam minggu. Taifun sering terjadi sepanjang September dan Oktober. Penyebabnya adalah tekanan tropis di garis khatulistiwa yang bergerak dari barat daya ke timur laut, dan sering membawa hujan yang sangat lebat

Orang Jepang termasuk bangsa tertua di dunia. Manusia telah hidup di sana sejak sekitar 30000 SM. Jepang klasik terbentuk sekitar tahun 300 SM. Namun yang lebih dibanggakan orang Jepang adalah bahwa kerajaannya merupakan satu kesatuan Negara yang berlangsung secara kontinu dan paling lama diantara bangsa-bangsa di dunia.

Pada zaman purba, Jepang dihuni oleh orang Ainu atau Ezo. Orang Ainu merupakan bangsa unik dan tidak memiliki hubungan dengan suku manapun. Orang Jepang modern pindah ke kepulauan ini pada zaman prasejarah dari Korea dan Manchuria di daratan Asia. Mereka mendesak orang Ainu sehingga pindah ke pulau paling utara, Hokkaido.

Orang Jepang yang sekarang adalah hasil dari perpaduan berbagai ras yang berimigerasi ke Jepang, sehinga tidak diketahui siapa yang merupakan betul-betul ras asli Jepang. Yang paling awal diketahui di Jepang adalah Ainu, yang mempunyai hubungan dengan ras Kaukasia, dan karena itu mungkin sekali bukan penduduk asli. Kemudian bergerak ke Jepang ras yang berasal dari Asia Selatan, yaitu Polinesia – Melanesia. Masuk pula ras Cina dari daratan Cina dan ras Mongol melalui Korea. Dan ada pula yang masuk dari Siberia yang berbeda dari kaum Mongol.

 

Perekonomian Jepang sebagian besar didukung oleh sektor perindustrian. Perindustrian Jepang, antara lain industri elektronik, kendaraan bermotor, kapal, kimia, farmasi, tekstil, dan makanan. Selain perindustrian, perekonomian Jepang juga didukung oleh sektor pertanian dan peternakan. Hasil pertanian Jepang, yaitu padi, kentang, jagung, gandum, kacang, sayuran, dan buah-buahan. Peternakan yang ada di Jepang, antara lain peternakan sapi, babi, dan ayam.

Di bidang perekonomian, Jepang banyak memegang peran penting, pendapatan perkapitanya yang tinggi (mencapai 31.410 US dollar) serta kestabilan mata uangnya mengantarkan Jepang sebagai salah satu negara maju di kawasan Asia. Di percaturan dunia, Jepang, Singapura, dan Korea Selatan mendapat julukan “Macan Asia” karena kemampuan negara-negara tersebut dalam memperkukuh pengaruh perekonomiannya di kawasan Asia. Berikut ini beberapa bentuk kemajuan Jepang di berbagai bidang.

  1)  Kemajuan di bidang pertanian

Daratan Jepang banyak terdapat gunung dan pegunungan, sehingga topografinya relatif kasar. Kondisi ini menyebabkan Jepang memiliki luas wilayah pertanian yang tidak begitu luas, yaitu hanya ± 16% dari seluruh wilayah daratannya. Akan tetapi, meskipun luas wilayah pertaniannya relatif sempit, Jepang ternyata mampu menghasilkan produk pertanian yang berkualitas. Hal ini dipengaruhi oleh kesuburan tanah dan kemampuan sumber daya manusia dalam mengolah dan berinovasi di bidang pertanian, terutama dalam pemanfaatan teknologi dalam menciptakan varietas-varietas baru unggulan, pupuk, alat-alat pertanian dan obat-obatan. Hasil-hasil pertanian Jepang antara lain padi, kentang, jagung, sayur-sayuran, teh, jeruk, dan apel.

  2)  Kemajuan di bidang perikanan dan peternakan

Ikan merupakan bahan makanan kegemaran mayoritas penduduk Jepang. Oleh karena itulah pemenuhan akan konsumsi ikan (terutama ikan laut) di Jepang sangat tinggi. Hal ini didukung oleh adanya pertemuan arus hangat dan arus dingin (Kurosyiwo dan Oyasyiwo) di perairan Jepang yang kaya akan ikan. Hasil perikanan Jepang meliputi ikan salmon, makarel, tuna, hiu, haring, dan paus. Kesemuanya itu sebagian dikonsumsi langsung dan sebagian lagi diolah sebagai makanan kaleng. Adapun peternakan yang banyak berkembang di Jepang adalah peternakan babi, ayam, dan sapi.

  3)  Kemajuan di bidang industri

Jepang merupakan negara industri besar. Bahkan saat ini Jepang menduduki peringkat kedua setelah Amerika Serikat sebagai negara industri besar di dunia. Produk industri Jepang telah tersebar ke berbagai pelosok dunia. Produk-produk tersebut meliputi produk permainan, barang elektronik, mobil/ otomotif, obat-obatan/bahan kimia, tekstil, bahan makanan olahan, semen, kertas dan barang cetakan, kamera, dan alat transportasi. Bahkan, saat ini hasil industri otomotif Jepang merupakan hasil industri otomotif terbesar dunia. Hasil pembangunan negara Jepang di bidang industri ini sangat luar biasa, mengingat Jepang miskin sumber bahan mineral, sehingga sebagian besar bahan baku industri tersebut diimpor dari negara lain, termasuk dari Indonesia.

 

Hubungan Bilateral dengan Indonesia

- Politik/pemerintah

Masing-masing negara menempatkan duta besarnya. Hal ini mengandung maksud untuk mempermudah komunikasi dan informasi kedua negara.

- Ekonomi

a). Perdagangan Jepang adalah negara tujuan ekspor utama Indonesia. Ekspor Indonesia ke Jepang adalah minyak bumi mentah, gas alam cair, aluminium, bijih logam, besi, timah, tembaga, bauksit, kayu lapis, mebel, dan kopi. Impor Indonesia dari Jepang berupa hasil-hasil industri. Profil Negara Maju JEPANG Industri Mobil Negara Maju Jepang

b). Penanaman modal (investasi) Jepang menjadi negara investor utama untuk Indonesia, terutama di bidang industri otomotif dan elektronika. Jepang juga membantu memberikan pinjaman kredit kepada Indonesia melalui CGI (Consultative Group for Indonesia) dengan jumlah pertolongan paling besar dibandingkan anggota lainnya.

- Sosial budaya

Di Jakarta telah dibentuk Lembaga Indonesia-Jepang yang menangani masalah peningkatan hubungan di bidang kebudayaan antara kedua negara. Saling tukar-menukar pelajar dan mahasiswa antara kedua negara.

- Keamanan/militer

Kerjasama ini diwujudkan melalui sinergi antara TNI Angkatan Darat dan Pasukan Beladiri Jepang. Dalam kerja sama militer itu, menekankan lima hal utama, yakni pendidikan dan latihan (diklat), SDM, industri pertahanan, penanganan terorisme, dan manajemen penanggulangan bencana.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Penilaian

 

LK 1. J E P A N G

 

 B BB

 

 

C

 

 

A

 

 

D

 

 

Amati peta negara Jepang di atas, kemudian jawab pertanyaan berikut ini.

  1. Batas-batas Jepang di tunjukan dengan huruf
    1. Sebelah barat berbatasan dengan........................dan negara ............?
    2.  Sebelah utara berbatasan dengan..........?
    3. Sebelah timur berbatasan dengan...........?
    4. Sebelah selatan berbatasan dengan......................dan negara.............?
    5. Jepang memiliki 4 pulau besar  yang di tunjukan dengan angka :

1.Pulau.....…………….

2.Pulau ...……………..

3.Pulau.....……………..

4. Pulau ………………..

       3.    Jepang beriklim sub tropis/sedang dengan 4 musim, sebutkan !

       5.     Jelaskan penyebab  Jepang sering terjadi gempa bumi !

       6.     Tuliskan 5 faktor yang mendorong Jepang menjadi negara maju !

       7.     Jelaskan penyebab laut Jepang kaya akan ikan !

      9.     Tuliskan suku bangsa asli penduduk jepang !

 

KERJAKAN DI BUKU TUGAS !!!

 

IPA

[08:06, 8/25/2020] Haryanto Smpn2: ugas IPA tgl 25 Agustus 2020. Mempelajara di buku paket hal 77-92 merangkum

[08:46, 8/25/2020] Matori: pembelajran IPA tgl 25 Agistus 2020https://drive.google.com/open?id=1N68FkFCBKilc5qXBaDbXcHvk9yKy5cVo&authuser=0

[11:07, 8/25/2020] Matori: Tugas IPA tgl 25 Agustus 2020. Mempelajari dan merangkum di buku paket hal 90-99 dan mendiskusikan aktivitas tabel 2.8 hal 92. Buku paket.

Materi pembelajaran IPA hari ini 26 Agustus 2020 mengerjakan soal halaman 123 buku paket

BTQ

Mapel BTQ 9 FGH, Rabu 26 Agustus 2020 jam 11.00 - 12.00

Mapel BTQ pertemuan 6.

1.Siapkan 2 buku utk catatan dan tugas

2. Siapkan lks dan juz Amma .

3. Tulislah q.s Al ghosyiyah ayat 8-16 (lks hal. 18 ) serta artinya .

4. Bacalah berulang2 ayat 8-16 bagi yang blom mmpu buatlh bljr klpk. Untuk mmbca brsma tmn yng sdh bs.

5. Hflkn surat trsbut bsrta artinya.

6. Baca, pelajari dan fahami ttg :

A. Renungan Ayat hal. 18.

B. Menganalisis ttg hukum bacaan tajwid. Hal. 19

1. Mengamati q.s Al-ghosyiyah 8-16.

2. Menerapkan ilmu tajwid. Hal. 19

3. Membaca dengan tartil. Hal. 20

 

Selamat belajar...

tetap semangat...

semoga sukses selalu...