Materi Rabu, 12-8-2020 Kelas IX

IPS

Mata Pelajaran : I P S

Kelas/ Semester : IX / Gasal

Materi Pokok : Letak dan Luas Benua Afrika dan Benua Australia

Pertemuan ke : 4

Bahan Ajar 1. Benua Afrika

Benua Afrika

Wilayah Benua Afrika membentang di belahan bumi utara maupun selatan, mencakup daratan luas di barat daya Asia, dan pulau-pulau di sekitarnya.

Afrika adalah satu-satunya benua yang dilalui garis lintang 0(khatulistiwa) dan garis bujur 0, serta garis balik utara dan selatan sekaligus.

Wilayah benua ini terbagi atas lima kawasan, yaitu Afrika Utara, Afrika Barat, Afrika Tengah, Afrika Timur, dan Afrika Selatan.

Letak dan luas

Secara astronomis benua ini terletak antara 3521’ LU – 3452’ LS dan 1732’ BB – 5126’ BT.

Wilayah tersebut dibatasi oleh Laut Tengah dan Teluk Suez di sebelah utara, Samudra Hindia di sebelah timur, dan oleh Samudra Atlantik di selatan dan barat. Benua Afrika menempati urutan ketiga terluas, setelah Asia dan Amerika. Luasnya kira-kira 30.208.000 km2.

Keadaan Alam Benua Afrika

Sebagian besar wilayah Afrika berupa daratan. Oleh karena itu, garis pantainya sangat pendek.

Di bagian timur Afrika terdapat lembah retakan besar yang terbentuk oleh kegiatan vulkanik serta akibat pergeseran kerak bumi. Retakan tersebut memanjang dari Danau Malawi bagian timur (di wilayah negara Malawi) ke utara sampai Laut Merah.

Rangkaian pegunungan juga menghiasi benua Afrika. Antara lain Pegunungan Atlas, Ruwenzori, Darkensberg, dan Pegunungan Cameroon. Titik tertinggi di Benua Afrika terdapat di Tanzania, yaitu Gunung Kilimanjaro (5.895 m). Afrika memiliki dataran kering yang terkenal, yaitu Gurun Sahara, Kalahari, dan Namib. Titik terendah di Afrika adalah Danau Assal, di negara Djibouti (155 di bawah muka laut).

Danau lain adalah Victoria, Tanganyika, Chad, dan Malawi. Sungai-sungai penting di Afrika, antara lain Sungai Nil, Congo, Niger, Zambesi, Orange dan Sungai Volta. Sungai Nil merupakan sungai terpanjang di dunia (6.640 km).

Karakteristik Benua Afrika

Benua Afrika memiliki karakteristik atau cirri khas yang dapat membedakan dari benua-benua lain yang ada di muka bumi ini. Berikut ini beberapa karakteristik Benua Afrika :

1) Benua Afrika mempunyai wilayah daratan di benua lain, yaitu Semenanjung Sinai di Benua Asia.

2) Benua Afrika memiliki wilayah gurun terluas di dunia, yaitu Gurun Sahara.

3) Benua Afrika memiliki aliran sungai terpanjang di dunia, yaitu Sungai Nil.

4) Benua Afrika merupakan benua termiskin bila dibandingkan dengan benua-benua lainnya.

5) Benua Afrika mempunyai ketampakan alam berupa Lembah Celah Besar (The Great Rift Valley) yang terbentang sepanjang 6.400 km dari pantai Laut Merah di Afrika Timur hingga Danau Tanganyika di Afrika Selatan.

6) Benua Afrika memiliki Terusan Suez yang menghubungkan Laut Merah dengan Laut Tengah sehingga mempersingkat lalu lintas laut antarbenua.

7) Benua Afrika memiliki bangunan-bangunan bersejarah, seperti piramida, patung Sphinx, dan patung raja Ramses II.

Teknik Penilaian

  1. 1. Penilaian Pengetahuan

Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut dengan singkat dan benar !

1. Tuliskan letak astronomis benua Afrika!

2. Sebutkan batas-batas benua Afrika!

3. Sebutkan karakteristik benua Afrika1

  1. 2. Penilaian Keterampilan

Petunjuk :

  1. Ambil dan bukalah Atlas yang kalian punya
  2. Carilah dan perhatikan peta Benua Afrika
    1. Tulislah nama-nama kawasan dan nama-nama negara di benua Afrika
    2. Identifikasikan persebaran Negara-negara yang berada di masing-masing kawasan benua Afrika

Persebaran Negara-negara di Kawasan Bena Afrika

No

Kawasan Afrika

Nama Negara-negara

1

2

3

4

5

Bahan Ajar 2. Benua Australia

Benua Australia

Benua ini ditemukan tahun 1770 oleh James Cook seorang pelaut Inggris dan mula-mula diberi nama Terra in Cognita (daratan tak bernama). Tahun 1884, seorang Inggris lain bernama Abel Tasman, menemukan Tasmania pulau di sebelah Australia.

Letak dan luas

Benua Australia terletak di bagian timur bumi, di belahan bumi selatan. Letaknya membuat Autralia disebut sebagai “benua bawah”. Kata Australia berasal dari bahasa Latin Terra Australis yang berarti daratan di bagian selatan.

Secara astronomis benua ini terletak antara 1041’ LS – 4339’ LS dan antara 1139’ BT – 15339’ BT. Batas paling utara adalah Tanjung York, batas paling selatan di Pulau Tasmania, batas paling barat adalah Tanjung Barat Laut, dan batas timur di pantai kota Brisbane.

Australia merupakan benua terkecil. Luasnya 7.683.300 km2, dengan batas geografis sebagai berikut.

Sebelah utara : Laut Arafuru, Laut Timor, Selat Flores (Indonesia) dan Papua Nugini.

Sebelah barat : Samudra Hindia.

Sebelah timur : Laut Koral, Samudra Pasifik, dan Laut Tasman.

Sebelah selatan : Samudra Hindia.

Di wilayah benua Australia hanya terdapat satu negara yaitu Australia. Itulah sebabnya Australia dijuluki “negara benua”, yang terdiri atas 6 negara bagian dan 2 wilayah teritori.

Bentang alam

Alam Australia terbagi atas tiga bagian utama, yaitu wilayah berupa pegunungan di bagian timur, wilayah dataran tinggi di bagian barat, serta dataran rendah di antara keduanya.

1. Daerah bagian timur

Daerah bagian timur merupakan barisan pegunungan yang memanjang dari Tanjung York di utara sampai Pulau Tasmania. Pegunungan ini disebut Pegunungan Pemisah Besar (Great Dividing Range).

Rangkaian pegunungan ini terdiri dari Pegunungan New England Range dan Pegunungan Alpen Australia di sebelah selatan. Puncak tertingginya adalah Gunung Kosciusco (2.230 m) di sebelah selatan. Di sebelah timur Pegunungan Pemisah Besar terdapat dataran pantai yang menyempit.

2. Daerah bagian barat

Wilayah ini merupakan dataran tinggi (plato), yang dijuluki “Perisai Australia”. Sebagian besar wilayah barat dan tengah merupakan gurun pasir, yaitu Gurun Victoria dan Gurun Gibson. Di wilayah pedalaman ke arah utara terdapat Pegunungan Macdonnel dan ke arah selatan terdapat Pegunungan Musgrave.

3. Daerah antara barisan pegunungan timur dan pegunungan plato barat

Di wilayah tersebut terdapat lembah Murray-Darling dan dataran rendah Danau Eyre (danau terbesar di Australia). Lembah Murray-Darling dialiri Sungai Darling, Murray, Lachlan, Murrmbidgee, dan Sungai Swan. Di cekungan Sungai Murray (ledok/basin) ini, juga terdapat sumber air artesis.

Di daerah timur laut Australia terdapat rangkaian 2.500 batu karang dan pulau kecil, yang dijuluki Karang Penghalang Besar (Great Barrier Reef). Panjangnya mencapai 2.000 km. Karang tersebut melindungi Australia dari pengaruh gelombang lautan. Selain itu daerah sekitar karang juga dijadikan tempat rekreasi/objek wisata.

Karakteristik Benua Australia

Benua Australia memiliki karakteristik atau ciri khas yang dapat membedakan dari benua-benua lain yang ada di muka bumi ini. Berikut ini beberapa karakteristik Benua Australia :

1) . Australia merupakan negara benua, artinya hanya ada satu negara di Benua Australia, yaitu negara Australia.

2). Benua Australia memiliki gugusan terumbu karang terluas di perairan sebelah Timurnya yang dikenal dengan sebutan The Great Barrier Reef.

3). Benua Australia memiliki batuan monolith terbesar, yaitu Ayer’s Rock dengan tinggi 348 m dan panjang 31 km.

4). Benua Australia sebagian besar wilayahnya berupa kawasan gurun.

Teknik Penilaian

Penilaian Pengetahuan

Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut dengan singkat dan benar !

1. Tuliskan letak astronomis benua Australia!

2. Sebutkan batas-batas benua Australia!

3. Jelaskan karakteristik benua Australia!

PAI

Pertemuan ke 4: PAI BP kelas 9. Rabu, 12 Agustus 2020, mengerjakan Ulangan harian 1 (I, II, dan III) hal 14 - 16 buku LKS kelas 9

Setelah selesai mengerjakan, difoto, dan dishare di group.

Pd hal. atas diberi nama, no. Absen dan Kelas

IPA