Info Sekolah
Sabtu, 07 Sep 2024
  • Selamat datang di website resmi smp negeri 2 mranggen      

Kelas VIII, 24-26 Agustus 2020

Diterbitkan : - Kategori : Uncategorized

BAHASA INDONESIA

DARING BAHASA INDONESIA PERTEMUAN 1 0

KELAS 8A-8D

GURU MATA PELAJARAN : KATON CAHYO PURNOMO, S.Pd.

Tujuan Pembelajaran :

  1. Siswa mampu menelaah pola-pola penyajian teks iklan.

IKLAN, SARANA KOMUNIKASI

  1. A. MENELAAH POLA-POLAPENYAJIAN TEKS IKLAN

Iklan dapat ditemukan dalam berbagai tempat yang disajikan secara tertulis dalam bentuk surat kabar majalah internet ataupun media-media lain serta secara lisan melalui televisi maupun radio.

Bentuk-bentuk iklan berdasarkan pola penyajian :

  1. Iklan media cetak

Ciri-ciri :

  • Menggunakan bahasa tertulis dalam penyampaian pesan-pesannya.
  • Mengutamakan kejelasan kata-kata
  • Mengandalkan desain grafis seperti warna, bentuk, tata letak dan gambar

Berdasarkan keluasan ruang, iklan media cetak dibagi menjadi :

  • Iklan baris

Iklan baris merupakan iklan yang pemasangannya berupa baris-baris teks yang disajikan secara terbatas dan singkat. Tidak ada gambar ataupun ilustrasi-ilustrasi. Teks pun banyak yang disingkat. Iklan baris umumnya dimanfaatkan oleh perorangan atau perusahaan-perusahaan kecil. Biaya pemasangan iklan relatif murah. Secara umum dibuat dengan mencantumkan, nama produk, informasi singkat produk dan kontak yang dapat dihubungi baik berupa alamat, email atau no telepon dan atau ketiganya. Contoh :

JUAL RUMAH Blok 3, Puri Depok,dekat kmpus UI,Lt.138/Lb.120,SHM,Siap huni,jual cepat!hrg.nego!! Hub.0813 168 405 – 0812 726 510

DIJUALCEPAT,rmh 2 lantai di Komp.Villa Asean, Pd. Cabe TangSel,SHM, LT 1.000m2, LB -+500m2, Hub: Dewi: 08129965606

Daftar Singkatan Iklan Baris Jual Rumah

  1. Rmh : Rumah
  2. LT : Luas Tanah
  3. LB : Luas Bangunan
  4. SHM : Sertifikat Hak Milik
  5. Kav : Kavling
  6. Tlp : Telepon
  7. Hrg : Harga
  8. Jt : Juta
  9. Th : Tahun
  10. Hub : Hubungi
  11. TP : Tanpa Perantara
  • Iklan kolom

Iklan yang pemasangannya melalui media kolom-kolom. Memiliki bentuk yang besar. Menggunakan teks, gambar dan berbagai ilustrasi menarik lainnya. Iklan kolom disebut juga iklan display. Selain penawaran barang dan jasa, ada juga iklan kolom yang berisi informasi pernikahan, ucapan terimakasih dan berita duka. Biaya pemasangan iklan relatif lebih mahal dibandingkan dengan iklan baris. Contoh :

Gambar diatas merupakan contoh iklan kolom berisi informasi penjualan mobil Toyota murah. Dijelaskan bahwa pengiklan menawarkan mobil New Alvanza baru dengan berbagai promo menarik seperti free hadiah tanpa undian. Selain itu, pembeli bisa mencicil pembayaran mobil tersebut dengan DP murah, sehingga angsuran pembayaran ringan. Selain membeli, ada opsi lain yakni penawaran tukar tambah. Informasi kemudian dilengkapi dengan nomer telefon yang dapat dihubungi.

Perbedaan Iklan Baris dan Iklan Kolom :

Berdasarkan penjelasan singkat kedua iklan diatas, maka dapat kita simpulkan beberapa perbedaan iklan baris dan iklan kolom, antara lain :

1. Berdasarkan Tampilan

  • Jarang ditemui iklan baris yang memuat gambar.
  • Sementara iklan kolom pasti menampilkan gambar/display.

2. Berdasarkan Ukuran

  • Ukuran iklan baris lebih kecil dibandingkan iklan kolom dan terdiri dari 3 hingga 6 baris.
  • Ukuran iklan kolom lebih besar dibandingkan iklan baris, bahkan bisa berukuran 1 halaman penuh koran.

3. Berdasarkan Biaya Pemasangan

  • Biaya pemasangan iklan baris lebih murah daripada iklan kolom, dihitung per baris.
  • Biaya pemasangan iklan kolom lebih mahal dibandingkan dengan iklan baris, dihitung ukuran kolom per milimeter.
  1. Iklan elektronik

Iklan elektronik merupakan iklan yang berbasis media elektronik, yang mencakup beberapa unsur sebagai berikut :

  • Iklan Radio

Iklan ini mengandalkan efek suara baik itu berupa tuturan, musik ataupun bunyi-bunyi.

  • Ikan televisi

Iklan yang mengandung unsur suara, gambar dan gerak.

  • Iklan film

Iklan yang tersaji dalam judul film (produk sinema). Iklan film biasanya muncul sebelum film utama diputar.

Kerjakan soal dibawah ini dalam bentuk tulis tangan pada buku tugas kemudian dikumpulkan dalam bentuk file foto, sertakan nama lengkap dan kelas!

  1. Iklan berdasarkan pola-pola penyajiannya dibagi menjadi 2, sebut dan jelaskan!
  2. Sebutkan ciri- ciri iklan baris!
  3. Jelaskan perbedaan antara iklan baris dan iklan kolom!
  4. Carilah contoh iklan baris dan iklan kolom pada surat kabar atau internet, kemudian tempel pada buku tugas kalian dan jelaskan apa maksud dari iklan tersebut! (masing-masing 1 iklan baris dan 1 iklan kolom)
  5. Sebut dan jelaskan macam-macam iklan elektronik!

PAI

Mapel PAI 8 A-I, Senin 24 Agustus 2020 jam 08 00 – 09 00.

Pertemuan III/ Bab 1

” Memahami tentang Iman kepada kitab2 Allah”

Di bca, fhmi semua materi bab 1 lks hal. 3-7.

Penilaian harian 1. / ulangan ke 2.

Lks hal. 8-10 A&B.

Setelah selesai d poto kirim tgs ul. Di grop dan isi list…

Selamat belajar…semangat…sukses selalu.

IPA

Pertemuan 8

Jadwal daring IPA kelas 8 E – 8 I hari Senin tgl 24 Agustus 2020

Jam 09.30 – 10.30

kerjakan di buku tugas

1. Jelaskan perbedaan antara gerak? esionom, gerak endonom dan higroskopis pada tumbuhan?

2. Tuliskan jenis jenis gerak tropisme pada tumbuhan?

3. Apa yang dimaksud gerak taksis?

4.Tuliskan macam macam gerak nasti!

B INGGRIS

Pertemuan ke 7

Mapel bhs Inggris

Hari Senin ,24 Agustus 2020. Jam 11- 12 WIB

Catatlah hal-hal penting dari materi ini kemudian kerjakan tugas yg ada.

Chapter 2

In this chapter , we will learn to use can and will in the sentence.

Did you know

 ABILITY

Affirmative
SubjectModalVerb(invinitive)ObjectAdverb
ICanSwimIn the sea
WeCanWriteA poem
TheyCanPlayfootball
HeCanClimbA mountain
SheCanSingA songbeautifully
ItCanRunfast
RafliCanDriveA car
Rafli and AndiCanGetThe first winner

Negative
SubjectModalNotVerb(invinitive)ObjectAdverb
ICannotSwimIn the sea
WeCannotWriteA poem
TheyCannotPlayfootball
HeCannotClimbA mountain
SheCannotSingA songbeautifully
ItCannotRunfast
RafliCannotDriveA car
Rafli and AndiCannotGetThe first winner
Interrogative
ModalSubjectVerb (invinitive)ObjectAdverb
CanISwim?
CanWewriteA poem?
CanTheyplayfootball?
CanheclimbA mountain?
CanshesingA songbeautifully?
Canitrunfast?
CanRaflidriveA car?
CanRafli and AndigetThe first winner?

WILLINGNESS

Affirmative
SubjectModalVerb(invinitive)ObjectAdverb
IwillattendIn the party
WewillcomeTo the meetingOn time
TheywillGo sleepingearly
HewillgiveMe a present
ShewillvisitHer grandmaNext holiday
Itwillrain
RafliwilldoHis homeworktonight
Rafli and AndiwilldiscussThe problemtomorrow

Negative
SubjectModalNotVerb(invinitive)ObjectAdverb
IwillnotattendIn the party
WewillnotcomeTo the meetingOn time
TheywillnotGo sleepingearly
HewillnotgiveMe a present
ShewillnotvisitHer grandmaNext holiday
Itwillnotrain
RafliwillnotdoHis homeworktonight
Rafli and AndiwillnotdiscussThe problemtomorrow

Interrogative
ModalSubjectVerb (invinitive)ObjectAdverb
willIattendIn the party?
willWecomeTo the meetingOn time?
willTheyGo sleepingearly?
willhegiveMe a present?
willshevisitHer grandmaNext holiday?
willitrain?
willRaflidoHis homeworktonight?
willRafli and AndidiscussThe problemtomorrow?

Catatlah di buku catatan kemudian kalian pahami kalimat dan bentuk-bentuknya atau pola.

B INDONESIA

[10:17, 8/25/2020] +62 813-1950-5330: Pertemuan 9

Jadwal daring Bahasa Indonesia kelas 8A – 8D hari Selasa tgl 25 Agustus 2020, jam 09.30 – 10.30

[10:17, 8/25/2020] +62 813-1950-5330: Pertemuan 10

Jadwal daring Bahasa Indonesia kelas 8A – 8D hari Selasa tgl 25 Agustus 2020, jam 09.30 – 10.30

DARING BAHASA INDONESIA PERTEMUAN 1 0

KELAS 8A-8D

GURU MATA PELAJARAN : KATON CAHYO PURNOMO, S.Pd.

Tujuan Pembelajaran :

  1. Siswa mampu menelaah pola-pola penyajian teks iklan.

IKLAN, SARANA KOMUNIKASI

  1. A. MENELAAH POLA-POLAPENYAJIAN TEKS IKLA N

Iklan dapat ditemukan dalam berbagai tempat yang disajikan secara tertulis dalam bentuk surat kabar majalah internet ataupun media-media lain serta secara lisan melalui televisi maupun radio.

Bentuk-bentuk iklan berdasarkan pola penyajian :

  1. Iklan media cetak

Ciri-ciri :

  • Menggunakan bahasa tertulis dalam penyampaian pesan-pesannya.
  • Mengutamakan kejelasan kata-kata
  • Mengandalkan desain grafis seperti warna, bentuk, tata letak dan gambar

Berdasarkan keluasan ruang, iklan media cetak dibagi menjadi :

  • Iklan baris

Iklan baris merupakan iklan yang pemasangannya berupa baris-baris teks yang disajikan secara terbatas dan singkat. Tidak ada gambar ataupun ilustrasi-ilustrasi. Teks pun banyak yang disingkat. Iklan baris umumnya dimanfaatkan oleh perorangan atau perusahaan-perusahaan kecil. Biaya pemasangan iklan relatif murah. Secara umum dibuat dengan mencantumkan, nama produk, informasi singkat produk dan kontak yang dapat dihubungi baik berupa alamat, email atau no telepon dan atau ketiganya. Contoh :

JUAL RUMAH Blok 3, Puri Depok,dekat kmpus UI,Lt.138/Lb.120,SHM,Siap huni,jual cepat!hrg.nego!! Hub.0813 168 405 – 0812 726 510

DIJUAL CEPAT,rmh 2 lantai di Komp.Villa Asean, Pd. Cabe TangSel,SHM, LT 1.000m2, LB -+500m2, Hub: Dewi: 08129965606

Daftar Singkatan Iklan Baris Jual Rumah

  1. Rmh : Rumah
  2. LT : Luas Tanah
  3. LB : Luas Bangunan
  4. SHM : Sertifikat Hak Milik
  5. Kav : Kavling
  6. Tlp : Telepon
  7. Hrg : Harga
  8. Jt : Juta
  9. Th : Tahun
  10. Hub : Hubungi
  11. TP : Tanpa Perantara
  • Iklan kolom

Iklan yang pemasangannya melalui media kolom-kolom. Memiliki bentuk yang besar. Menggunakan teks, gambar dan berbagai ilustrasi menarik lainnya. Iklan kolom disebut juga iklan display. Selain penawaran barang dan jasa, ada juga iklan kolom yang berisi informasi pernikahan, ucapan terimakasih dan berita duka. Biaya pemasangan iklan relatif lebih mahal dibandingkan dengan iklan baris. Contoh :

Gambar diatas merupakan contoh iklan kolom berisi informasi penjualan mobil Toyota murah. Dijelaskan bahwa pengiklan menawarkan mobil New Alvanza baru dengan berbagai promo menarik seperti free hadiah tanpa undian. Selain itu, pembeli bisa mencicil pembayaran mobil tersebut dengan DP murah, sehingga angsuran pembayaran ringan. Selain membeli, ada opsi lain yakni penawaran tukar tambah. Informasi kemudian dilengkapi dengan nomer telefon yang dapat dihubungi.

Perbedaan Iklan Baris dan Iklan Kolom :

Berdasarkan penjelasan singkat kedua iklan diatas, maka dapat kita simpulkan beberapa perbedaan iklan baris dan iklan kolom, antara lain :

1. Berdasarkan Tampilan

  • Jarang ditemui iklan baris yang memuat gambar.
  • Sementara iklan kolom pasti menampilkan gambar/display.

2. Berdasarkan Ukuran

  • Ukuran iklan baris lebih kecil dibandingkan iklan kolom dan terdiri dari 3 hingga 6 baris.
  • Ukuran iklan kolom lebih besar dibandingkan iklan baris, bahkan bisa berukuran 1 halaman penuh koran.

3. Berdasarkan Biaya Pemasangan

  • Biaya pemasangan iklan baris lebih murah daripada iklan kolom, dihitung per baris.
  • Biaya pemasangan iklan kolom lebih mahal dibandingkan dengan iklan baris, dihitung ukuran kolom per milimeter.
  1. Iklan elektronik

Iklan elektronik merupakan iklan yang berbasis media elektronik, yang mencakup beberapa unsur sebagai berikut :

  • Iklan Radio

Iklan ini mengandalkan efek suara baik itu berupa tuturan, musik ataupun bunyi-bunyi.

  • Ikan televisi

Iklan yang mengandung unsur suara, gambar dan gerak.

  • Iklan film

Iklan yang tersaji dalam judul film (produk sinema). Iklan film biasanya muncul sebelum film utama diputar.

PENJAS

Kerjakan latihan soal di buku paket halaman 69-70. Kerjakan di buku tugas.

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Beri Komentar

Post Terkait

PPDB 2024-2025

Senin, 12 Agu 2024

DAFTAR ULANG

Jumat, 26 Mei 2023

PPDB DARING SMPN 2 MRANGGEN

Selasa, 23 Mei 2023

Kampanye Anti Sampah Plastik

Selasa, 14 Mar 2023

ISTIGHOTSAH

Jumat, 13 Jan 2023

Pembangunan Ruang Kelas

Selasa, 10 Jan 2023

Sosialisasi Sekolah Adiwiyata

Selasa, 10 Jan 2023

GOR “Asa Jaya”

Selasa, 10 Jan 2023

HUT PGRI KE 77

Selasa, 10 Jan 2023